SELEKSI PENERIMAAN CALON SANTRI BARU PESANTREN ILMU AL QURAN 2020/2021

By Salman Asady

SELEKSI PENERIMAAN CALON SANTRI BARU PESANTREN ILMU AL QURAN 2020/2021

By: Balya Zidan dan Aziz Firdaus

Sebagaimana agenda tahunan Pesantren Ilmu Al Quran (PIQ) mengenai penerimaan santri baru, telah diadakan seleksi masuk pesantren untuk penyetaraan potensi santri yang akan diterima sesuai hasil yang diperoleh.

Ahad, 16 Februari 2020, 70 calon santri telah melaksanakan serangkaian seleksi tahap pertama di PIQ kampus 2. Lokasinya sangat ramai, karena masing-masing peserta seleksi tidak hanya datang seorang diri, bahkan ada yang diantar oleh satu keluarga besar. Raut muka mereka sangat gembira, berharap putranya bisa diterima di Pesantren ini. Menurut mereka ini adalah langkah awal dari masa depan dan keberhasilan purta mereka nanti.

Adapun rangkaian seleksi meliputi tes psikologi diri dan tes baca tulis Al Quran. Tes psikologi diri adalah tes yang sangat penting bagi lembaga pendidikan dalam menerima calon peserta didik baru, karena tes ini sangat membantu lembaga untuk mengetahui bakat dan minat dari calon tersebut. Lembaga pendidikan juga dapat menempatkan dan menyesuaikan pengelompokan peserta didik baru sesuai kemampuan dan potensi diri.

Adapun tes yang dikordinasi oleh Ustaz Shohibul Marbaith ini berjalan dengan lancar. Tes dilaksanakan selama tiga jam, dari 09.00 hingga 12.00. Semua calon santri baru mengikuti tahapan tes psikologi sesuai instruksi yang diberikan oleh kordinator.

Para calon santri baru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, karena mereka ingin menjadi bagian dari keluarga besar Pesantren Ilmu Al Quran.