Di Kunjungan IAIN Fattahul Mulk Papua, disampaikan 5 Pilar Kunci Sukses Bil Qolam

bilqolam-iain_fattahul_mulk_papua
By Ulil Abshar

Di Kunjungan IAIN Fattahul Mulk Papua, disampaikan 5 Pilar Kunci Sukses Bil Qolam

Bertempat di Zawiyah Tahfidzil Quran (ZTQ-PIQ), malam Kamis (13/10/21) yang lalu pengurus pusat Bil Qolam menerima kunjungan dari IAIN Fattahul Mulk Papua. Kunjungan ini selain untuk silaturahmi juga untuk lebih jauh mengenal metode pembelajaran Al Quran Praktis Bil Qolam. Kunjungan dari IAIN Fattahul Mulk Papua ini didampingi oleh KH. Badruddin, mudirul Ma’had Ali Sunan Ampel UIN Maliki Malang.

Acara yang dikemas dengan santai disambut langsung oleh direktur Bil Qolam, KHM. Anas Basori beserta pengurus inti Bil Qolam pusat. Diantaranya, Ust. Abdul Qodir, Ust. Khoirul Anwar, dan Ust. Ludzfillah. Sementara dalam rombongan tersebut tampak Dr. Marwan Sileuw, M.Pd. (Wakil Rektor 1), Dr. Sukri Nawir, M.Ag. (Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah), dan Dr. Yasin Un. Mayalibit. M.Ag. (Direktur Ma’had Jamiah).

Setelah ramah tamah sebentar, acara diisi dengan presentasi tim Bil Qolam yang disampaikan oleh Ust. Abdul Qodir selalu Wakil Direktur Bil Qolam.

Dalam presentasinya, Ust. Qodir menyampaikan 5 pilar Bil Qolam sebagai kunci sukses menjalankan program Al Quran di setiap lembaga yang membangun kerjasama dengan Bil Qolam PIQ.

“Lima pilar itu antar lain: SDM yang unggul, bahan ajar yang bagus dan sederhana, metode yang praktis aktif, pengelolaan secara klasikal, dan dukungan kelengkapan administrasi.

Ust. Abdul Qodir, Wakil Direktur Bil Qolam

Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan perwakilan dari IAIN Fattahul Mulk Papua, yang disampaikan oleh bapak Dr. Yasin. Dalam sambutannya, beliau berharap agar bisa dikirim utusan dari Bil Qolam PIQ untuk membangun program Al Quran ala PIQ.

“Nantinya bisa diatur kesepakatan strategis guna membangun kerjasama berkelanjutan untuk menyebarkan dakwah Al Quran di Papua dan sekitarnya,” imbuhnya.

Terakhir sambutan disampaikan oleh KHM. Anas Basori selaku Direktur Bil Qolam Pusat. Beliau akan segera menjadwalkan dalam waktu dekat untuk sosialisasi metode Bil Qolam di Papua, tepatnya di depan para mahasiswa dan para muallim di Ma’had IAIN Fattahul Mulk Papua. Harapan beliau semoga niatan baik dan keberkahan ilmu Al Quran murabbi arwahina KHM. Basori Alwi Murtadho senantiasa tersebar keseluruh penjuru Nusantara. Amin.

Pewarta: Ludzfillah
Editor: Ulil Abshar