MQM IV – Masjid Maqbalul Amal

By Ahmad Syafiq

MQM IV – Masjid Maqbalul Amal

Masjid Maqbalul Amal, desa Rogonoto-Singosari, Malang, malam itu meriah akan gemuruh lantunan Quran dan Shalawat. Kali ini memang masjid tersebut digunakan sebagai lokasi acara Majelis Quran wal Maulid (MQM) yang diasuh oleh K.H. Basori Alwi yang juga pendiri sekaligus pengasuh Pesantren Ilmu Al-Quran (PIQ).

Acara ini merupakan kali keempat acara MQM diadakan. Malam-malam Sabtu sebelumnya acara tersebut dihelat di kompleks Yayasan Ilmu Al-Quran (YPIQ). Sebelumnya panitia sempat khawatir jamaah yang ikut tidak sebanyak ketika acara diselenggarakan di YPIQ, namun ternyata animo masyarakat tidak surut, bahkan meningkat. Tak kurang dari 500 jamaah yang hadir, baik laki-laki maupun perempuan. Dari jajaran keluarga ndalem sendiri yang hadir adalah K.H. Basori Alwi sendiri dan putra-cucu beliau, yakni Gus Faiz Basori, Gus Abdullah Murtadlo dan Gus Miqdad.

Seperti biasa, setelah isya’ acara dibuka dengan talqin Al-Fatihah dan Yasin. Acara ini dimaksudkan untuk mensyiarkan cara baca surat Yasin dengan tartil yang baik. Hal ini penting mengingat surat Yasin termasuk surat yang paling sering dibaca dalam berbagai acara.

Setelah talqin selesai, acara dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Habsyi yang dipimpin oleh munsyid senior PIQ, yakni Ust Nu’aim dari Surabaya, Ust Abdullah Faqothi dari Lawang dan Ust Yasin Wasiat asal Malang. Semua jamaah yang hadir turut larut dalam khidmat shalawat. Terlebih saat Mahallul Qiyam. Suara shalawat menggema ke mana-mana.

Setelah pembacaan Maulid Habsyi usai, acara dilanjutkan dengan pembacaan kitab Risalah Ahlusunnah wal Jamaah karya K.H. Hasyim Asyari. Kali ini pembacaan kitab disampaikan oleh Gus Abdullah Murtadlo. Pada bab ini beliau menyampaikan mengenai bab Bid’ah.

Di penghujung acara, Kyai Basori menutup acara dengan doa. Pukul 22.00 acara selesai. Para jamaah pulang dengan tertib.

Mari kita doakan agar Majelis Quran wal Maulid yang merupakan cita-cita Kyai Basori dapat berlangsung istiqomah. Amin.