Tim Jurnalis PIQ Meraih Juara II Kompetisi Jurnalisme se-Malang Raya

By Ahmad Syafiq

Tim Jurnalis PIQ Meraih Juara II Kompetisi Jurnalisme se-Malang Raya

Senyum bahagia dan kepuasan yang dialami oleh tim jurnalis PIQ, Insan Media Group, setelah berhasil meraih juara II dalam lomba Mading (Majalah Dinding) 3D dalam kompetisi kejurnalisan bertajuk “Commed 2018” yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya.

Kegiatan yang bertajuk “The Word that I Know” sangat cocok dengan keadaan dunia saat ini, yang sering kita sebut jaman milenial.

Menurut penuturan tim Insan Media Grup, mereka mengikuti lomba ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mereka dalam membuat mading 3D karena mereka lebih sering membuat mading 2D daripada mading 3D. Meski berkompetisi dengan SMA/K se-Malang Raya, mereka tetap optimis akan mendapat nomor juara.

Abi, salah satu anggota tim Insan Media Grup menuturkan, “Mading kami terinspirasi dalam sebuat quotes yang kami temukan di website pinterest.com, yang berbunyi ‘semua yang ada di dunia ini tersembunyi dalam buku’. Karena buku adalah gudang ilmu, dan dengan buku akan terjadi sebuah peradaban dunia. Maka cintailah buku agar kita lebih mengetahui segalanya. Karena buku juga terdiri dari 2 komponen yaitu penulis dan pembaca. Sehingga kami mangkat tema literasi.”

Setiap tim diberi waktu sebanyak 150 menit untuk menyelesaikan mading 3D mereka. Meski demikian, setiap tim diperbolehkan untuk mengerjakan sebagian madingnya di rumah masing-masing.

Dalam kompetisi ini terdapat 3 lomba kejurnalisan. Di antaranya, lomba mading tiga dimensi, jurnalis/reporter, dan fotografi jurnalis yang ketiganya dilaksanakan di Gedung C FISIP UB. Sehari sebelum lomba dimulai, para peserta mendapatkan diklat jurnalisme dan fotografi yang diadakan di Gedung B FISIP UB.