Kyai Basori, Sosok Pengajar yang Dibanggakan Rasulullah SAW

By Ulil Abshar

Kyai Basori, Sosok Pengajar yang Dibanggakan Rasulullah SAW

Oleh : Habib Muhammad bin Anies Shahab

Bismillahirohmanirrohim.  Alhamdulillahirobbil alamin. Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi mazidah. Allahumma sholli wa sallim ala sayyidina Muhammadin fil awwalin wal akhirin.

Amma ba’du, alfaqir Muhammad bin Anies bin Shahab menyampaikan kekaguman saya kepada almarhum al-‘alim al-‘allamah ad-Da’i ilallah fi qoulihi wa fi’lihi, KH. Basori Alwi rohimahullahu rohmatal abror. Beliau sosok Kyai yang memberikan petunjuk kepada para asatidz dan Kyai serta para Dai mubaligh Ustadz pengajar Alquran yang lain. Sosok yang memberi contoh bagaimana menjadi seorang pengajar yang insya Allah dibanggakan oleh Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam. Rasul bersabda “khoirukum Man ta’allamal qur’aana wa allamahu” (Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya). Beliau benar-benar tahu apa yang disampaikan Rasul SAW berasal dari Allah karena sifat Nabi Muhammad “Laa yanthiqu ‘anil hawa in huwa illa wahyun yuha”. Sehingga dalam hal ini kita lihat yang menyaksikan kehidupan sosok seorang KHM. Basori Alwi, beliau dihabiskan hidupnya untuk Alquran, mengajar Alquran. Mengajarkan untuk orang-orang yang sudah tua atau juga membelajarkan kepada anak-anak muda di Pesantren Ilmu Al Quran Singosari. Sehingga entah berapa ribu manusia yang telah mendapat manfaat dari beliau, termasuk saya sendiri.

Saya belajar bahasa Arab diawali dari kitab beliau yang berjilid-jilid (Kitab Madarij Ad Durus Al Arabiyyah, Red.). Semuanya adalah kemudahan bagi kami, baik dalam mempelajari struktur bahasa Arab atau menghafalkan mufrodat yang selalu dicatatkan di belakang buku.

Beliau sekarang sudah kembali ke Rahmatullah dan insya Allah menempati roudhoh min riyadil jannah. Akan tetapi kita harus ingat bahwa beliau telah wafat, tapi lihatlah seakan-akan dalam beramal beliau tidak wafat. Inilah yang dimaksudkan panjang umur. Bukan karena 90 tahun lebih dari usia beliau. Tapi panjang umur adalah ketika sudah tidak lagi berada di atas dunia tapi manfaat masih tersebar di atas bumi untuk murid-muridnya. Tidak hanya di Indonesia, kita tahu banyak juga yang menjadi imam di negara-negara lain. Sehingga cukup contoh bagi kita seorang Kyai Basori Alwi untuk bisa ditiru di mana beliau tidak ikut masalah kepemerintahan ke politik dan lain sebagainya. Beliau fokus hanya kepada Alquran dan umat Islam. Mengajak umat untuk menjadi orang lebih dekat kepada Rasulullah SAW. Beliau insyaallah dekat dengan Rasul SAW di dunia dan insya Allah akan menjadi lebih dekat di akhirat.

Mari para pengajar Alquran, para Dai, para mubaligh tirulah beliau. Ikuti jalan beliau. Fokus dalam agama saja. Insya Allah kita akan menjadi orang yang sukses. Barakallah fiikum. Jazakumullah Khoiron katsiro kepada semua keluarga besar KHM. Basori Alwi dan juga keluarga besar Pondok Pesantren Ilmu Al Quran, Bil Qalam dan semua yang ada sangkut-pautnya dengan Kyai Basori Alwi. Bangga bisa menjadi salah satu keluarga besar antum semua. Doakan saya juga, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber : Voice Note Habib Muhammad bin Anis Shahab